Pages

01 January 2013

Happy New Year 2013

Welcome 2013...
Nggak kerasa udah ganti tahun aja, perasaan baru kemarin jadi anak baru di kampus, tiba-tiba sekarang udah jadi mahasiswa tingkat akhir, dan tahun depan Insya Allah udah nggak lagi menyandang status mahasiswa (kecuali berkesempatan ngelanjutin kuliah S2. Amiiin).

Ngomong-ngomong tentang tradisi ngerayain tahun baruan,,, mmmm,,,, sebenernya aku ngga begitu suka kalau harus keluar rumah atau party-party ampe pagi. Alasannya antara lain:

1. Kalau malem tahun baruan itu biasanya maceeeeeeet banget. Sempet ngoba buat ngerayain tahun baruan ke Ancol bareng keluarga, yang ada malah mobil kita stuck di atas jalan tol dan akhirnya harus ber-tahun baruan di jalan tol. Mobil baru bisa keluar tol sekitar jam 3 pagian. macet itu bikin capek plus pegel. Ditambah ngantuk karena nggak tidur. Sekarang, di Bandung juga udah sama aja macetnya, mobil-mobil dengan berbagai macam plat (yang kebanyakan juga plat B) tumpah riuh ke Bandung pas malem tahun baruan. 

2. Ngantuk. Yap,,, namanya juga harus begadang ampe pagi nungguin pergantian tahun, ngga tidur. Mmmmm,,,, kalau buat aku, mending tidur deh dirumah. Kasur empuk, anget, dan nggak capek bangun keesokan harinya karena kebanyakan begadang. 

3. Keluarga aku juga nggak suka keluar-keluar atau pesta buat ngerayain tahun baru. paling-paling cuma makan-makan bareng keluarga dan tetangga sekitar kompleks rumah. Nonton kembang api sebentar di depan rumah(biasanya adek aku yang suka), solat malam, trus langsung tidur lagi. Kita lebih suka dirumah, ngelewatin tahun baruan sekeluarga dirumah supaya lebih dekat.

4. Nggak tahan dingin. Aku punya sakit sinus yang kata dokter bakal kambuh kalau kedinginan atau kena debu/asap polusi. Jadi udara malem plus kemacetan di kota bisa bikin sinus aku kambuh ^^.

Satu hal lagi yang sering diomongin kalau tahun baruan itu adalah, yep, apalagi kalau bukan resolusi tahun baru. Semua orang berlomba-lomba bikin resolusi tahun baru setiap pergantian tahun, tapiiiiii,,, seharusnya kita introspeksi diri, realisasinya udah bener belum? Aku juga sering mikir, buat apa aku bikin resolusi-resolusi kalau ujung-ujungnya ngga akan aku lakuin dengan sepenuh hati. Yang ada aku ngga akan berubah, nggak akan jadi lebih baik, dan resolusi bakal cuma jadi seonggok tulisan harapan tanpa usaha dan kerja keras buat mewujudkannya. Atau, buat kita tahun baru ya cuma seneng-senengnya, masa bodo dengan apa itu resolusi? Waduh!

Ngeliat berita, banyak juga acara tahun baru yang malah dihiasi dengan tawuran, bentrokan. Ya ampuuuun,,, nggak cukup apa tahun baruan dengan tenang? emang apa sih senengnya berantem? satu saudara, satu negara. Apa semua hal bisa diselesaikan dengan berantem?. Sedih deh ngeliat berita-berita tahun baruan yang kayanya "negatif" semua. Masalah sampah yang bertumpuk pas abis selesai tahun baruan juga. Haduuuh. ='(.
Ada orang yang saling bacok karena cuma bersenggolan. Ya ampuuun, kalau ngga mau disenggol, ya jangan ke pusat-pusat keramaian dong. Udah tau tahun baruan tuh identik ama keramaian. Trus kalau ngga mau pingsan kedesek-desek orang sekota, ya ngga usah paksain diri juga ke pesta tahun baruan. Sewa resort pribadi ajah biar tenang, ngga kesenggol orang dan dempet-dempetan =D. Oiya, trus juga pesen buat orang-orang yang tahun baruan ke tempat-tempat wisata, toloooong banget jangan ampe ngerusak atau buang sampah sembarangan di tempat wisata. Tolong dijaga dong, itu kan tempat umum, jadi jangan egois, orang lain juga butuh kenyamanan. Aku pernah ke kebun binatang pas acara liburan, dan itu penuuuuuuuh (orangnya plus sampah-sampahnya). ='(, masih untung ada tempat wisata yang murah meriah, kok malah dirusak gitu. Gimana pariwisata Indonesia mau maju kalau orang-orangnya aja nggak menghargai apa yang dimiliki bangsanya?. Tempat wisata ngga dipromosiin, dibilang pemerintah pilih kasih dalam membangun daerah, tapi giliran dipromosiin, orang-orang semakin banyak datang, dan ujung-ujungnya malah tempat wisata nya jadi rusak karena pengunjungnya nggak ada niat untuk ngejaga. Seharusnya ada sinergi, pemerintahnya berniat baik untuk "ngebenerin" negaranya, warga nya juga harus mendukung dengan melakukan peraturan dengan baik. Jangan bisanya cuma menyalahkan orang lain. 

Aku cuma bisa berdoa semoga aku dan semua orang di dunia bisa lebih introspeksi, lebih ningkatin kesadaran diri. meningkatkan budaya "malu" dan sabar. kenapa aku bilang budaya malu? mmm,,, karena aku pikir jaman sekarang orang-orang udah nggak punya budaya malu dan kesadaran diri kalau berbuat kesalahan. Orang-orang ngga malu kalau buang sampah sembarangan, nggak malu kalau menyakiti orang lain, dsb.

Semoga ngga harus menunggu "tahun baru" dulu buat instrospeksi. 
Tahun baru ngga hanya sekedar having fun, pesta-pesta, seneng-seneng, merayakan. Tahun baru lebih artinya dari pada itu semua. Pertambahan tahun seharusnya menjadi moment buat kita semua berpikir, kalau bertambahnya usia dunia ini, kita manusia-manusianya juga harus bersikap lebih dewasa. Oiya, satu lagi,,, usahain jangan sekalipun nyobain minum minuman keras pas ada pesta-pesta kaya gini, karena, banyak kriminalitas diawali karena alasan 'mabuk'.

Happy New Year ^^

0 comments:

Post a Comment